We are "The Fighter" family

We are "The Fighter" family
Alamat kami : Jl. Pahlawan Revolusi, Komplek Aggaran No. 12, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Tlp rumah : 021 - 86603637

18.7.07

Saya Hijrah Ke Jakarta

Tepat dimalam tahun baru tahun 2002 saya berangkat hijrah ke Jakarta dengan tujuan, sekali lagi dengan tujuan, sehingga saya tidak mau dikategorikan sebagai penduduk urban yang datang membabi buta ke Jakarta. Tujuan saya datang ke Jakarta adalah demi mengembangkan perusahaan yang baru saya rintis, menindaklanjuti beberapa peluang proyek yang sudah saya awali dari jogja dan mencari jatidiri, layaknya seorang murid perguruan silat yang baru saja turun gunung mencari ilmu baru di tempat yang lebih menantang. Awal di Jakarta, saya kost di asrama perwira Angkatan Laut di daerah Gunung Sahari. Pagi-pagi sekali saya berangkat keliling Jakarta dalam rangka orientasi medan, selain mampir ke kantor-kantor kolega yang berpeluang memberikan proyek-proyeknya di perusahaan saya. Bersama dengan PT. BIA (lihat judul ”Awal Saya Berbisnis”), kami memfollow up proyek besar di Instansi pemerintah, yaitu di Departemen Perhubungan. Proyek kami pada saat itu adalah pembangunan sistem ”WorkFlow” menggunakan software LotusNotes.

WorkFlow adalah sebuah sistem yang memverifikasi semua prosedur birokrasi di Dephub dari level fungsional sampai level pimpinan. Contohnya seperti ketika ada pegawai yang mengajukan ijin cuti, maka dia harus mengisi formulir di program kemudian men-submitnya kedalam sistem untuk diverifikasi oleh pimpinan diatasnya. Proses ini berlangsung sampai ke level Sekjen, sehingga Sekjen bisa mengetahui posisi berapa pegawai yang sedang mengajukan cuti dan berapa yang akan disetujui. Prosedur ini tidak hanya untuk pengajuan ijin cuti, selain ini termasuk juga mutasi pegawai, penempatan jabatan dan lain sebagainya

Sayang, karena masih ”hijau” kamipun kalah bersaing dengan pemain-pemain lama yang sudah sering bercokol di Dephub. Semua ihtiar saya selama di Jakarta untuk sementara bisa dikatakan belum berhasil. Untuk sementara juga saya pulang kembali ke Jogja, menata hati dan merumuskan strategi baru. Di akhir tahun 2002, dengan amunisi baru, wajah dipermak sedikit dan rancangan strategi yang lebih fresh saya pun berangkat kembali ke Jakarta, berjuang meronce mimpi.....ciiieeeee........

No comments: