We are "The Fighter" family

We are "The Fighter" family
Alamat kami : Jl. Pahlawan Revolusi, Komplek Aggaran No. 12, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Tlp rumah : 021 - 86603637

9.7.07

Awal Saya Berbisnis

Yogyakarta tahun 2001 adalah tempat dan tahun ketika saya mulai mengawali terjun kedalam dunia bisnis secara professional, saat itu usia saya baru 21 tahun. Saya bilang secara professional karena dalam perusahaan yang saya bangun itu saya terapkan mekanisme yang sistematis tersusun dan rapi. Ada pengelompokan team, strukturisasi perusahaan, jenjang jabatan, tata tertib perusahaan termasuk juga kami rancang AD/ART perusahaan untuk mengawal visi dan misi yang sudah kami tetapkan. Pokoknya semua terasa mapan dan terarah meskipun saya mengawalinya dengan tanpa modal uang yang besar. Modal utama saat itu hanya tekad, semangat menggebu dan impian untuk menapaki hidup yang lebih dinamis, mumpung saya masih muda. Ada 12 orang yang berikrar untuk berkomitmen bersama dalam mendirikan dan membangun perusahaan ini. Jumlah yang sebetulnya tidak pas karena terlalu banyak. Tapi itulah solusi untuk menjaring modal uang supaya bisa terkumpul banyak. Semakin banyak teman yang bergabung di perusahaan, semakin besar modal uang yang terkumpul, meskipun semakin tidak efisien dan lamban dalam bergerak karena terlalu ”gemuk”. Dari ke-12 pendiri tersebut, sayalah General Manager-nya.

Perkenalkan perusahaan pertama saya, ”CV. HUMAN SOFT” dengan tagline ” HUMAN SOFT, Software Production House”. Sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pembuatan perangkat lunak dengan sistem Taylormade. Di awal berdiri, kami masih mengerjakan proyek-proyek ”hibah” dari dosen kami, karena masih minimnya pengalaman dan krisis percaya diri untuk benar-benar masuk kedalam pasar yang sesungguhnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, kami mulai beraksi sendiri. Walhasil, sepanjang tahun 2001, setidaknya kami berhasil mendapatkan 3 proyek yang cukup lumayan, yaitu :

- Proyek pembangunan Sistem Akuntansi Perbankan, BPR Bumi Artha, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

- Proyek pembangunan Sistem Informasi Manajemen Agribisnis, Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial, Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

- Proyek pembangunan Sistem Inventory Toko dan Gudang, Toko Mebel dan Keramik Diamond Baru, Yogyakarta


Memasuki tahun 2002, saya mencoba untuk mencari pasar yang luas lagi di luar kota Jogjakarta. Pikiran saya hanya tertuju pada satu kota, yaitu ”JAKARTA”. Sebagai anak desa, saya melihat Jakarta adalah kota yang menantang. Menjanjikan seribu mimpi indah, tetapi juga siap menjerumuskan siapa saja yang lengah. Sambil terus mendapatkan proyek baru, yaitu :

- Proyek pembangunan Sistem Informasi Inventarisasi Aset Daerah, Dispenda Provinsi Jogjakarta

- Prototype Sistem Informasi Multimedia Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

- Proyek pembangunan Sistem Informasi Rumah Sakit Daerah, Pemerintah Daerah Kabupaten Gunung Kidul, DIY

Saya pun mulai mempromosikan profil perusahaan kami di Internet.


Suatu ketika saya mendapat email dari sebuah anak perusahaan SALIM GROUP di Jakarta. Intinya mereka tertarik untuk menjadikan perusahaan kami sebagai implementator proyek-proyek mereka. Mulailah saya menapakkan kaki di Jakarta. Saya masih ingat sekali, selesai kami meeting di kantor perusahaan tersebut yang terletak di kawasan Jalan Sudirman, saya berjalan diatas jembatan penyeberangan menuju halte untuk mencari bus kota yang mengantar saya pulang. Ditengah jembatan penyeberangan tersebut saya berhenti, saya lihat lalu lalang mobil dibawah saya, kemudian mata saya menatap kedepan (kalau tidak salah ingat kearah Blok M), disitu saya berikrar bahwa suatu saat nanti saya akan taklukkan Jakarta......


(Perusahaan yang menghubungi kami tersebut adalah PT. BIA (Bahana Inovasi Adhikarya, berkantor di Plaza Bumiputera Jl. Sudirman, Jakarta. Pemegang lisensi produk Software Consule FRANGO, sebuah perusahaan kelas dunia yang berbasis di Kanada)

No comments: