We are "The Fighter" family

We are "The Fighter" family
Alamat kami : Jl. Pahlawan Revolusi, Komplek Aggaran No. 12, Pondok Bambu, Jakarta Timur. Tlp rumah : 021 - 86603637

16.12.07

Road to Paris, Indonesian Week April 2008

Berawal dari PPI 2006 (Pameran Produksi Indonesia, saya datang menjumpai Bapak Effendi Arizal (Dubes Indonesia untuk Perancis) yang pada saat itu menawarkan bantuan bagi UKM yang ingin berpameran di Perancis. Bentuk bantuan yang diberikan adalah memberikan fasilitas free untuk penginapan, akomodasi bahkan makan semua akan ditanggung pihak KBRI. Selain itu pihak KBRI juga membuatkan media promosi bagi UKM yang berpameran disana berupa brosur, CD profil yang kesemuanya berbahasa Perancis dan masuk kedalam website resmi KBRI.

Sayapun mengajukan diri sebagai orang yang berkeinginan berpameran disana, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk sampai bisa berangkat kesana (karena tiket pesawat PP menjadi tanggung jawab kita sendiri). Sambil saya berkonsultasi dengan beliau bagaimana caranya seorang pelaku UKM super kecil seperti saya ini bisa berpameran disana.

Satu bulan kemudian saya diundang ke Deplu, bertemu dengan Ibu Naya, Fungsi Ekonomi KBRI Perancis. Disana saya diminta presentasi produk sambil saya memberikan sampel dan oleh2 untuk dipajang di ruang pamer KBRI Perancis. Selepas itu, komunikasi pun hanya sebatas email dengan pihak KBRI Perancis. Hasil dari perjuangan saya, beberapa waktu yang lalu saya mendapat email dari KBRI Perancis di Paris, berikut petikan emailnya :

Yth. Bapak/Ibu Pengrajin,

Bersama ini kami sampaikan dengan hormat bahwa KBRI Paris tengah mengupayakan rencana pameran untuk memperoleh mitra bisnis di Perancis bagi Bapak/Ibu sekalian. Upaya tersebut akan diwujudkan melalui sebuah bentuk pameran pada bulan April 2008 di Paris.

Berkaitan dengan itu, Koordinator Fungsi Ekonomi KBRI Paris, Bpk Des Alwi bersama Atase Perdagangan KBRI Paris, Bapak Hari Prawoko akan mencoba menghubungi dan/atau mengunjungi perusahaan Bapak/Ibu untuk membicarakan kemungkinan keikutsertaan Bapak/Ibu dalam pameran termaksud. Tentu saja, untuk dapat menjadi peserta pameran Bapak/Ibu perlu memenuhi beberapa kriteria, khususnya berkaitan dengan tujuan pameran ini yang akan mencari pengusaha UKM Indonesia yang dapat secara berkesinambungan mengirim produknya untuk mengisi pasar cindera mata di Perancis.

Adapun dasar kami menghubungi Bapak/Ibu adalah berdasarkan masukan/data yang kami peroleh dari BKPM, Kementerian KUKM dan beberapa dari Bapak/Ibu yang sempat KBRI Paris temui pada PPI 2006 di Jakarta. Karena itu, mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk dapat bersiap dihubungi atau menerima kunjungan Bapak Des Alwi dan Bapak Hari Prawoko yang akan menjelaskan lebih lanjut secara langsung kemungkinan keikutsertaan Bapak/Ibu dalam pameran pada bulan April 2008.

Demikian yang dapat kami sampaikan pada saat ini. Atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih

Salam hormat,
Narwastuyati P. Mbeo (Naya)
Fungsi Ekonomi KBRI Paris
47, rue Cortambert 75116 Paris
Telepon: (33) 1 450 381 55

Email inipun saya balas dengan perkenalan dan penjelasan company profile perusahaan kami. Gayung bersambut, saya pun menjadi salah satu nominator peserta pameran Indonesian Week April 2008 di Paris Perancis. Saya sih sebenarnya tidak begitu khawatir dengan bahasa, karena istri saya lulusan CCF (Lembaga Indonesia Perancis) setara S1. Mohon doa dari pembaca sekalian, semoga saja kami bisa berangkat ke Perancis, menjemput pasar dunia. Amiiin...

Abdul Rahman Hantiar
PT. Wahana Cipta Adhikarya Group Company
Direktur Utama

1 comment:

Anonymous said...

Kebetulan saya sedang studi di Dijon Perancis. Aduh, maaf nih baru sempat baca postingnya. Terus gimana? Jadi nggak pameran di Perancisnya. Atau mungkin ada informasi, kapan nih kira-kira ada pameran yang sejenis. Mudah-mudahan kami bisa hadir.

Salam

Via